cara membuat Marshmallow

Jun 10, 2011 by

Pertama kali makan Marshmallow di Kemang, waktu itu lagi ngumpul-ngumpul bareng teman, trus sekali makan jadi ketagihan, rasanya enak bangettt,,setelah dibakar dan di celupkan ke coklat trus langsung deh dimakan, mmmm..yummy, rasa manis coklat dan marshmallownya yang  langsung meleleh di dalam mulut membuat semua orang yang mencobannya akan ketagihan..

Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Marshmallow bila dimakan meleleh di dalam mulut karena merupakan hasil dari campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang.  Marshmallow merupakan makanan ringan yang sering dimakan setelah dipanggang di atas api unggun. Bila dipanggang di atas api, bagian luar marshmallow mengalami karamelisasi sedangkan bagian dalam sedikit mencair. Lama pemanggangan bergantung pada selera, mulai dari sedikit berubah warna hingga manisan kenyal menyala dan sedikit gosong. Resep untuk membuat manisan kenyal ada lebih dari 1.000 cara yang berbeda.

Sejarah
Resep tradisional manisan kenyal tidak menggunakan gelatin, melainkan sari akar tanaman semak Althaea (genus) / marshmallow (Althea officinalis), sehingga penganan ini disebut marshmallow.
Bapak kedokteran, Hippocrates, menggunakan marshmallow untuk mengobati memar dan kehilangan darah. Dioscorides menulis tentang sifat-sifat positif marshmallow, sedangkan Horace memuji sifat laksatif dari daun dan akar tanaman tersebut, Dokter Romawi menggunakan marshmallow untuk mengobati sakit gigi, gigitan serangga, bengkak karena kedinginan, dan kulit yang teriritasi.  Penduduk Cina, Mesir, dan Roma memakan berbagai jenis marshmallow. Penduduk Prancis memakan bunga dan daun dalam bentuk salad. Marshmallow dahulu digunakan untuk meredakan sakit gigi, gigitan serangga, gangguan pencernaan, dan diare di Eropa selama abad pertengahan. Saat bayi tumbuh gigipun diberikan marshmallow.
Setelah Alex Doumak mematenkan proses ekstrusi di tahun 1948, manisan kenyal mulai dibuat di pabrik dengan mesin ekstrusi. Hasilnya berupa manisan kenyal berbentuk silinder yang dipotong-potong dan diguling-gulingkan dalam campuran tepung jagung dan gula halus. Saat ini, manisan kenyal disukai anak-anak maupun orang dewasa, bisa dimakan begitu saja, dimasukkan ke dalam minuman (cokelat susu, café mocha), dibuat kue dan gula-gula (biskuit Mallomars, Peeps), atau sebagai penghias hidangan penutup.
Jenis
Tipe manisan kenyal yang umum diproduksi adalah : manisan kenyal timbul (extruded marshmallow), manisan kenyal endapan (deposited marshmallow ), manisan kenyal potongan ( cut marshmallow), manisan kenyal butiran(grained marshmallow ), nougat, manisan kenyal kue busa ( marshmallow-meringues ) dan biskuit serta isi kue wafel ( wafer ). Produk-produk tersebut, berbeda dalam hal tekstur, formulasi, bahan yang digunakan, dan tingkat aerasi.
Kandungan gizi
Lihat di bawah untuk nilai-nilai gizi dan informasi tentang berapa banyak kalori yang di manisan kenyal termasuk vitamin, mineral, asam folat dan serat makanan, serta protein dan karbohidrat.
Kandungan ( /100 gr )
Satuan
Air
16,4 gr
Protein
1,8 gr
Lemak
0,2 gr
Kadar abu
0,3 gr
Karbohidrat
81.3 gr
Kalori
318 kkal
Serat
0,1 gr
Gula
57,56 gr
Sodium
80 mg
  • citra maria anggono

     kk beli marshmallow yg kyk gmbar diatas dimana yah ? aku pgn beli neeh bnyk klo kkk bsa bantu call aku bsa yah ?
    087820484949 (citra)

  • ENI LIDIAW

    Blum prnah ngrasain…. mau jj k mall, nyoba bli , nyoba testing.